Just another WordPress.com site

Archive for Oktober, 2011

Demam Korea Sedang Melanda Remaja di Indonesia

SuJu, BoyBand Asal Korea Yang Sedang Naik Daun
Korea? Siapa sih yang tidak tau dengan KOREA ? Ya, apalagi remaja indonesia saat ini yang sedang dilanda Korean Fever atau demam korea, terutama remaja perempuan yang sangat tergila-gila pada boyband-boyband asal negri gingseng tersebut.

Semuanya pasti sudah pada tau dengan korea, apalagi dengan artis-artisnya yang bisa dibilang WOW Awalnya dari drama korea yang masuk ke indonesia pada tahun 2002, endlles love, cerita sedih tapi romantis.Membuat remaja indonesia terpikat dengan drama korea. Pada saat itulah muncul istilah “Hallyu” atau demam korea di berbagai negara.
Demam korea tidak hanya di indonesia, negara adidaya amerika juga terkena demam korea. dengan di tandai situs-situs penggemar yang menjamur dari berbagai bahasa dan negara.

Setelah drama-drama bermunculan Kpop tidak ketinggalan. boyband yang sedang naik daun sekarang seperti SHINee, Superjunior, Big Bang, dan banyak lagi menyebarkan virus demam Kpop di indonesia. Banyak orang terkena virus tersebut, akibatnya youtube selalu tujuan utama, flasdiks slalu standby, laptop ga pernah mati. sehingga banyak orang yang ingin mempelajari bahasa dan kebudayaan korea.
selain Kpop dan Korean drama, animasi korea pun ikut-ikutan sehinga menjadi sumber devisa kedua dari negara tersebut. itulah mengapa Korea bersifat candu karena orang-orangnya yang kreatif dengan ide-ide baru yang fresh sehingga orang yang menontonnya pengen nonton lagi lagi dan lagi.
semua pasti udah tau klo sekarang di indonesia lagi terserang demam kpop, dari artis sampe masyarakat disekita kita, bahkan di facebook maupun twitter demam kpop sangat kuat dan semakin gila-gilaan. aku sendiri aja merasakan demam kpop. dari bangun sampai mau tidur selalu dengar lagu2 kpop, emang gak da mati nya buat kpop.
apa aja sih gejala yg sering terjadi pada orang yg terkena virus kpop,, yuk kita bahas satu-satu:1. suka teriak teriak sendiri saat ngeliat foto terbaru artis K-popOrang yg terkena virus kpop sering bgt nih teriak-teriak geje klw udh liat foto-foto terbaru artis kpop apalagi biasanya Gak cuma itu mereka juga sering jadiin picprofil.

2.Tangan dan kakinya otomatis ikut bergoyang klw udh denger lagu kpop

Udah tau sendiri kan lw lagu-lagu kpop kebanyakan lagunya ngebeat dan pasti udah ada dance khasnya, nah penderita virus kpop nih lw udh denger lagu kpop rasanya tangan dan badan ini refleks untuk bergoyang ngikutin irama lagu.

3. Ingin Tahu gosip gosip terbaru K-pop

Sebagai Kpop lover tentunya kita pengen tahu dong berita-berita tentang seleb kpop. Salah satu cara untuk tahu gosip yg lagi panas-panasnya di Korea sana adalah lewat Internet. Biasanya selalu ada situs di internet yg update bgt ttg dunia Kpop, mau dalam bahasa indonesia, Inggris, Thailad, Prancis, atau yg lainya semua ada.

4. Menjadikan lagu favorit K-pop sebagai ringtone / nada sambung pribadi

Supaya nada sambung kita gak tut tut tutan terus para kpop lover juga sering menjadikan lagu favorit kpop mereka sebagai ringtone maupun nada sambung. Hal itu bisa dijadikan salah satu cara untuk menyebarkan virus kpop kepada orang-orang disekitarnya.

5. Tahu ungkapan ungkapan dalam bahasa korea

Sering denger lagu-lagu Kpop pastinya kita udah gak asing lagi sama kosakata dalam bahasa korea misalanya aja Saranghae, oppa, kamshahamnida, anyeonghaseyo. Ternyata ada manfaatnya kita suka kpop, kita otomatis bisa tahu kosakata bahasa korea lumayan kan buat nambah wawasan.

6.mengoleksi segala hal tentang atribut- atributnya melalui online shop atau hingga pergi ke korea

Untuk menunjukan bahwa kita Fans mereka otomatis kita ingin mengoleksi semua tentang idola kita. Mau itu lightstick, banner, cd, dll. Gak jarang para kpop lover memburu atribut tersebut hingga pergi ke korea langsung.

7. nggak bisa tidur sebelum melihat poster artis K-Pop yang dipajang di dinding kamar

Kebiasaan unik yg dimiliki para kpop lover sebelum tidur, yup gak bisa tidur sebelum melotototin poster-poster artis kpop yg ada dikamar.

8. Dengerin Lagu-lagu kpop sebelum tidur

Selain liatin poster sebelum tidur, dengein lagu-lagu kpop sebelum tidurpun menjadi ritual yg wajib dilaksanakan.

9. menjadikan foto idola k-pop di desktop background komputer

Saking cintanya sama kpop nih sampe-sampe kpop lover menjadikan fhoto idola kpop mereka didesktop background komputer.

10. rela berjam jam menghafalkan lirik lagu terbaru K-pop

Percuma dong lw kita suka lagu-lagu kpop tapi gak hafal sama liriknya. Nah para kpop lover rela deh berjam-jam ngapalin lirik lagu supaya bisa ikutan nyanyi-nyanyi.

Semoga indonesia bisa mengambil hal-hal positif dari efek demam korea yang sedang melanda remaja indonesia saat ini.

Sejarah Musik K-Pop

Musik pop Korea berawal tahun 1992 dimana grup K-Pop laki jaman itu, Seo Taiji & Boys mulai membuat lagu techno dan rap rock dengan bahasa Korea, yang menjadi titik balik bagi musik Korea (tahun segitu belum dikenal kan K-Pop di Indonesia?). Seorang bernama Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment (FYI, ini perusahaan rekaman yang cukup berhasil, contohnya adalah Shinee dan SNSD yang asalnya dari sana) tahun 1995, yang membuat K-pop mulai mendunia, yang kemudian diikuti YG Entertainment (yang menghasilkan 2NE1, Lexy, Taeyang, dll), DSP Entertainment (yang menghasilkan KARA) dan JYP Entertainment (JYP diambil dari nama om Jin Young Park, penyanyi solo Korea, perusahaan ini juga menghasilkan bintang yang sukses: Rain). Awal mula grup K-Pop mulai akhir 1990an (tahun 97-99), dan juga musik hip-hop yang dipopulerkan 1TYM (dinaungin YG Entertainment juga).

Pada tahun 2000an, musik K-Pop makin populer, karena efek globalisasi juga karena perusahaan rekaman berani mengambil langkah: seleksi. Setelah lulus seleksi, perusahaan rekaman akan melatih kandidat secara intensif, dari latihan suara, olahraga biar bodinya oke, belajar koreografi profesional, dan belajar bahasa asing sambil sekolah (sambil nyelem minum air). Total waktu latihan bisa 2 tahun lebih (ane baca majalah tentang SNSD punya adek kelas tadi siang, ada yang ampe 7 tahun), dan bisa menghabiskan dana sampai US$400K (sekitar Rp 3,7 miliar). Beda banget sama artis sini, kayaknya gampang banget jadi bintang (jadi, orang Korea ga cuma ingin mereka tenar, tapi memastikan mereka pinter dan berkualitas). Musik K-Pop mulai memengaruhi dunia, terutama Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Tahun 2010 kemaren, penyanyi solo Taeyang dan grup 2NE1 (favorit ane nih ) mulai menduduki urutan pertamax tangga lagu di sana dan mengeluarkan banyak hits. Malahan, tahun 2009, grup Wonder Girls masuk tangga lagu US Billboard Hot 100, yaitu seleksi khusus 100 lagu paling top di Amrik, dengan lagu Nobody (bonus MVnya nih). Kenapa musik K-Pop begitu populer? Karena yang di Korea tau, sekarang jaman dah beda, banyak remaja pengen lagu yang dinamis dan ngebeat, dan jangan heran, lagu K-pop mempunyai segmentasi pasar remaja (Teen pop).

Artis-artis K-Pop makin populer saat ini dengan kerjasama dengan artis non-Korea, contohnya 2NE1 yang kolaborasi sama will.i.am. Mengenai demam Korea, sebutannya Korean Wave. Fenomena ini adalah fenomena dimana budaya pop Korea menjadi ‘merakyat’. Maksudnya adalah, masyarakat mulai suka sama pop culturenya Korea (jadi harap maklum sama fanatik k-pop ya ). Nih ane kasih beberapa ciri khas K-Pop:

1. Tempo relatif cepat (BPM mungkin diatas 110)

2. Bahasa yang dipakai utamanya Korea, tapi biasanya sekarang dicampur bahasa Inggris

3. Lirik yang ada pake huruf asli korea (Hangul).

4. Suara penyanyinya jempolan (penyanyi punya kualitas)

5. Lagu yang dibawakan bernuansa gembira, jarang ada yang mendayu-dayu

6. Dalam videoclip disertai koregrafi berupa dance, menandakan lagu K-pop biasanya energik (liat point 1).

Inilah Alasan “Mengapa Kamu Menyukai Artis Kpop”

Dan ini jawabannya..

1. Para Member Boyband dan GirlBand Korea harus melewati masa trainee sebelum debut, ini membuat mereka dapat tampil bagus saat debut.

2. Memiliki tehnik dance/menari yang bagus

3. Lagu-lagu Korea bersifat easy listening dan mudah dihafal.

4. Lagu-lagu Korea memiliki banyak jenis, ada yang cocok untuk ngedance, ada yag cocok untuk dihayati (lagu ballad)

5. Artis Kpop adalah seorang yang pekerja keras, terbuti dari usahanya mengikuti trainee bertahun-tahun

6. Memiliki kualitas yang tinggi dan prefesional.

7. Memiliki kepribadian yang unik

8. Dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Misalnya, saat di variety show mereka kan menjadi sosok yang lucu dan *gokil. Pada saat di panggung mereka dapat tampil dengan serius.

9. Kreatif, memiliki konsep yang berbeda untuk setiap lagunya.

10. Multitalented. Bisa bernyanyi , dance, serta acting.

11. Menghargai para fans nya.

12. Kompak, satu sama lain.

13. Style Fashion mereka selalu keren dan bisa menjadi panutan

14. Lirik dari lagunya mempunyai arti yang bagus.

15. Mereka selalu mengusahakan agar tampil Live *tidak lypsinc*kecuali ada hal-hal tertentu yang memaksa mereka untuk lypsinc

16. Eksis di bidang nyanyi, MC, bahkan drama. Mereka menjalankan itu semua dengan tekun dan rajin

17. Tidak Jaim kepada para fans. Mereka mau menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya kepada masyarakat

18. Mereka “tahan banting”. Mereka rela perform di panggung walaupun dalam keadaan sedang tidak enak badan

19. Beberapa diantaranya,bisa berakting, dan aktingnya bisa terlihat real, artinya tidak terlihat seprti dibuat-buat

20. Hidup untuk fans. Mau mengeluarkan seluruh tenaganya demi kesenangan fans

21. Memiliki Wajah dan penampilan yang eye cathing

22. Kebanyakan Memiliki senyuman maut dan eye smile

23. Memiliki tubuh yang indah dan itu semua mereka dapatkan dengan susah payah.

24. Mereka adalah orang yang energic dan bersemangat

25. Setiap boyband/Girlband memiliki ciri khasnya masing-masing

26. Menggunakan Make Up yang natural

27. Bisa menjadi trendsetter bagi orang lain

28. Punya lightstick dan official color sendiri yang menunjukkan ciri dari GB/BB itu

29. Biasanya, mereka bisa berbahasa asing (Jepang/inggris/Thailand/china)

30. Lebih mementingkan Fans daripada Pacarnya. Buktinya banyak diantara artis Kpop yang belum memiliki pacar.

31. Memiliki nama Fanclub yang unik

32. Suka mengadakan konser internasional, ini menunjukkan mereka mempunyai popularitas yang tinggi

33. Cover Design albumnya keren dan inovatif

34. Ada seleksi yang ketat untuk menjadi trainee, berarti yang debut saat ini, adalah orang-orang yang terpilih

35. Mereka bersaing secara sportif. Ini terbukti sesame artis Kpop walaupun beda managemen, mereka tetap bersahabat.

Iklan